Hai sobat…
Menginginkankan tunggangan super adalah idaman semua rider. Tunggangan super itu bukan yang kayak gini ya?
Atau
Juga bukan yang kayak gini
Berbagai cara dilakukan, mulai dari pergi ke bengkel hingga pergi ke dukun dan paranormal, (ada yang pergi ke dokter atau ke apotek gak?? Ada dong, kalau ridernya sakit, kan naik motornya juga jadi loyo tow,haha..), dan dari cara ringan sampai berat, yaitu mengganti part standar dengan part racing, dan salah satunya adalah penggantian ukuran gear.
Ini pengalaman magusp tentang penggantian ukuran gear dan pengaruhnya terhadap motor, cekidot cekat cekot:
1. Ini adalah tunggangan magusp,
sorry belum ane kasih nama kayak tunggangan sobat2 blogger yang lain, kayak Megison:punyanya pertamax7, Sikibaliyut:Yudibatang, Maroon:Tmcblog, punya magusp sementara sebut saja si Helmin. Atau barangkali ada yang mau ngasih ide nama untuk tunggangan magusp ini? Maaf sudah berumur setahun tapi belum dikasih nama.haha..
Kalau ngasih nama harus sekalian syukuran dulu yah)
2. Ukuran gear standar untuk si Helmin adalah 14-36. Kadang kalau buat nanjak suka loyo, apalagi buat boncengan, serasa sekarat, akselerasi juga santai2 saja..
3. Untuk kecepatan atas, ukuran gear ini termasuk oke,, nafas agak panjang..
4. Karena akselerasi dan tanjakan terasa letoy, akhirnya ane putuskan ganti ukuran gear belakang yaitu:
-Ukuran 37, ini adalah ukuran gear yang dipakai New Honda Blade,.
dan hasilnya adalah dengan naik satu peringkat tenyata pengaruh terhadap akselerasi kurang signifikan dan hanya nambah sedikit saja. Karena masih penasaran akhirnya ane ganti lagi ukuran 39.
-Ukuran 39, hasilnya adalah akselerasi jadi lumayan enteng,, tanjakan juga enteng,, tarik gas sedikit sudah lari aja nih. Puas..puas..puas, puas puasin deh..
Akan tetapi apa yang terjadi dengan topspeednya, kecepatannya bawah lumayan tp kecepatan atas lumanyun, loyo, drop, kayak ada satu gigi yg hilang, jadi padahal sudah masuk gigi 4, tapi terasanya masih gigi 3. Padahal suara mesin sudah teriak2 kayak mau protol semua, tapi topspeednya hanya mentok di angka 80 kpj. Padahal kalau pakai ukuran gear standar 36 bisa tembus 115 kpj on speedometer. BBM pun terasa boros.
4.Kesimpulan
Bahwa ukuran gear sangat berpengaruh terhadap performa motor. Ukuran gear belakang besar (39) sangat cocok untuk daerah pegunungan yang banyak tanjakannya. Serta cocok untuk wilayah macet yang biasa stop-go, tetapi kurang cocok untuk track lurus dan panjang.
Dikarenakan inilah akhirnya magusp mengembalikan ukuran gear ke ukuran standar, ukuran 36, dengan pertimbangan bahwa lokasi magusp adalah datar, tidak banyak daerah stop-go dan sedikit tanjakan ringan. Tanjakan berat juga masih mampu asal alon2 waton kelakon (pelan2 tapi terlaksana).
Sekali lagi ini subyektif dari kacamata magusp (magusp gak pakai kacamata).
Sobat2ku.. Adakah cara lain selain bore up dan papas boring supaya meningkatkan akselerasi dan topspeednya? Kalau ada, mohon masukkannya.. Intinya kalau bisa caranya tidak merubah part originalnya, yang plug n play.
Ditunggu masukkannya dari sobat pembaca dan blogger sekalian. Supaya rame, kalau rame nulis pun jadi semangat,hehe..
Ada saran dikit nih om, kalo masih karbu bisa ganti cdi aftermarket supaya bisa hilang limiternya n bisa atur mapping. Sementara kalo udh injeksi, coba pasang piggyback atau power
commander di ECU nya lalu flash ulang ECU nya. Menurut saya itu mod mudah dan paling “kena” di akselerasi maupun top speed. Dijamin plug n play hehehe
Kalo boleh tahu itu gear 39 yg PNP sama supra fit new, gear motor apa ya bos? Soalnya saya lagi nyari nih….
daripada gear belakang naik 3 mata, perlu ganti rantai lebih panjang.
lebih baik perkecil yg depan 1 mata.
ukuran gear depan 14, ke 13.
39/14 = 2,785
36/13 = 2,769
standar supra fit 36/14
ato klo supra fit new pake ukuran 38 milik GL100,udah cukup. rasionya jadi gak beda jauh dengan ukuran std supra fit lama 40/15.
Klau gear belakang ukuran 32 gear yg cocok buat dpn brpa gan?
Minta tlong mekanik yg pinter aja buat di porting head nya di buat simetris bukan di sudut in, tenaga terasa tnpa merubah ukuran klep
Karna saya sudah mencoba, maka saya bisa memberi masukan,
Cdi racing blum tentu awet buat motor harian, harga pun mahal.
klo aku pake 14 depan dan 50 belakang untuk revo 2008. tarikan bikin kaget, tapi Topspeed nya cuma 80 kpj. gigi tarik awet krn sblmnya aku sepuh dulu di pande besi.aku g peduli wong motorku emang untuk muatan berat,hehe. tapi yaitu klo lg kosong dan jln mulus plus lurus emg krg nyaman,pgen nambah gigi trs, pdhl ud gigi 4.
Ganti
Koil TK Racing Orange 150rb
Busi TDR Iridium 100rb
Kampas kopling CLD/WRX/TDR/KAWAHARA/DAYTONA 100-250rb
Knalpot Jonea 130 650rb
Wah percuma bos besarin pengapian kalo ruang bakar g digedein. Kebuang sia2.
Supra X125 injeksi 2016 standar 39/14 bagusnya ganti berapa gan?
motor saya supra x 125 dulu pake gear standar 35/14 buat nanjak terasa lemot
sekarang saya ganti ke ukuran 39/15 = 2,6. maksud angka 2,6 itu apa ya?? apakah kecepatan nya atau yang lainnya
terimakasih
2,6 itu angka rasio, dari 39:15 = 2,6. kalau 35/14 rasionya 35:14= 2,5
Ganti noken as racing aja bro. Pake yg tipe touring jangan herex. Tingal pasang sama setel klep doang.